Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Mengenali Penyakit Asam Lambung Naik

Penyakit asam lambung naik kadang dianggap sama dengan sakit maag. Meskipun penyebabnya sama, yaitu kadar asam lambung yang meningkat, asam lambung naik atau dalam istilah medis disebut dengan GERD (gastro esophageal reflux disease) sedikit berbeda dari penyakit maag. Pada penyakit asam lambung naik,  cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, bahkan bisa sampai ke mulut. Sedangkan pada penyakit maag atau yang biasa dikenal sebagai gastritis (radang lambung) atau iritasi lambung, asam lambung hanya terjadi di lambung serta organ dan saluran cerna atas pada perut.

Gejala asam lambung naik

Gejala yang umumnya  muncul pada penderita asam lambung naik yaitu rasa perih yang hebat pada lambung. Karena nyeri tersebut, penderita sering merasa mual dan muntah kering, akibatnya tenggorokan dan mulut terasa perih dan panas.

Selain rasa perih dan panas di tenggorokan dan mulut, rasa nyeri dan panas seperti terbakar juga terasa di dada (heartburn). Kadang-kadang, nyeri ini juga dirasakan seperti tekanan, sehingga sering diduga sebagai nyeri jantung (serangan jantung). Gejala ini biasanya dirasakan penderita setelah makan dan saat penderita tidur. Gejala asam lambung naik lainnya seperti sulit menelan, sering sendawa, batuk kronis, dan radang tenggorokan.

Penyebab asam lambung naik

Asam lambung naik paling banyak menyerang kelompok usia 30-40 tahun. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut produksi air liur (saliva) mulai berkurang. Air liur juga berfungsi membantu penetralan kadar  pH. Makan makanan dengan cepat juga bisa memicu asam lambung naik karena enzim di mulut tidak bekerja dengan sempurna. Selain itu pemicu gangguan asam lambung naik antara lain  seringnya terlambat makan, makan dalam jumlah berlebihan, makan sambil tiduran, atau tidur  kurang dari 2-3 jam sesudah makan.

Cara mengatasi asam lambung naik yang alami

Pengobatan asam lambung naik pada umumnya adalah dengan mengkonsumsi obat asam lambung naik  yang cara kerjanya dengan mengurangi asam lambung. Namun sebenarnya ada cara mengatasi asam lambung naik yang alami yaitu dengan pengelolaan asam lambung yang tepat. Karena sebenarnya Asam lambung sangat dibutuhkan dalam membantu proses pencernaan. Tanpa adanya asam lambung, makanan tidak dapat dicerna dengan baik, sehingga zat-zat gizi pada makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita tidak dapat diserap dengan baik. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan kadar asam lambung yang seimbang di dalam tubuh.

Simak cara mengatasi asam lambung naik yang alami berikut :

1. Kurangi berat badan

Berat badan berlebih  atau obesitas merupakan faktor risiko dari gejala asam lambung naik.

2. Mengurangi makanan pemicu asam lambung

Meskipun tidak semua orang mempunyai reaksi yang sama terhadap suatu makanan, sebaiknya anda waspada terhadap jenis makanan yang bisa menaikkan produksi asam lambung seperti jeruk, tomat, bawang putih, dan beberapa jenis makanan .

3. Minum cukup air

Asam lambung naik bisa dimunculkan karena dehidrasi pada saluran pencernaan atas. Tetapi perlu anda ingat bahwa, minum banyak air saat makan ternyata juga dapat membuat perut cepat penuh sehingga justru memicu munculnya asam lambung naik. Oleh karena itu, sebaiknya minum air dilakukan sekitar satu jam sebelum makan.

4. Kurangi konsumsi karbohidrat

Menurut beberapa studi, mengurangi gula dan makanan tinggi karbohidrat bisa mengurangi gejala asam lambung naik. Bahkan sebuah studi mengatakan karbohidrat lebih berperan memicu asam lambung naik dibandingkan dengan kopi ataupun lemak.

5. Makan secara perlahan

Kunyahlah makanan dengan lebih lama dari biasanya. Mengunyah makanan dengan lebih lama akan membantu enzim dalam mulut bekerja dengan lebih baik. Mereka yang terburu-buru saat makan cenderung untuk mengalami asam lambung naik.

6. Cukup tidur dan manajemen stress

Tidur yang cukup adalah sekitar 7-9 jam per hari. Stress juga dapat memicu penyakit asam lambung naik dan juga meningkatkan resiko tekanan darah tinggi dan denyut jantung

7. Konsumsi enzim pencernaan

Penyerapan gizi optimal sangat penting dalam proses penyembuhan obat asam lambung naikpenyakit saluran pencernaan seperti GERD. enzim pencernaan yang bermanfaat untuk mencerna karbohidrat, protein, dan lemak dari makanan diharapkan dapat mengurangi gejala kembung dan rasa tidak nyaman pada area perut yang muncul akibat organ cerna tidak dapat mentoleransi terhadap makanan tertentu.

Enzim pencernaan bisa didapat dari sayur-sayuran segar dan suplemen. Sun Hope Sc. Enzymes merupakan suplemen enzim pencernaan yang mengandung tiga enzim utama pada pencernaan zat gizi yaitu amylase untuk mencerna karbohidrat, protease untuk mencerna protein dan lipase untuk mencerna lemak. Konsumsi Sc. Enzymes 2 x 1 sachet per hari.

8. Konsumsi probiotik

Pemicu rasa tidak nyaman pada lambung tidak hanya disebabkan oleh cara mengatasi asam lambung naikmakanan yang mengandung gas dan merangsang pengeluaran asam lambung, obat-obatan, alkohol, kopi, tetatpi juga bisa disebabkan oleh hal lain yang penting yaitu adanya infeksi bakteri Helicobacter pylori pada saluran pencernaan kita. Bakteri ini muncul karena terganggunya lingkungan flora usus akibat pola makan yang salah, antibiotik, kebiasaan mengkonsumsi obat pencahar, dan makanan yang mengandung bahan pengawet.

Konsumsi Sun Hope Probiotic 3 x 1 sachet per hari yang mengandung kombinasi 6 bakteri baik yang diperkaya EPA dan DHA dapat mengembalikan keseimbangan flora usus. Kombinasi 6 bakteri baik ini tidak dijumpai pada beberapa produk yoghurt atau suplemen probiotik lainnya.

Semoga tips cara mengatasi asam lambung naik ini bermanfaat untuk anda.

Pemesanan obat asam lambung naik, Sun Hope Probiotic dan Sun Hope Sc. Enzymes, hubungi no. HP/WA 085257753337

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *